Tips Memilih Tas Sekolah Anak Laki-Laki yang Tahan Lama

Tas merupakan salah satu kebutuhan bagi anak sekolah. Tas digunakan untuk menyimpan peralatan dan keperluan sekolah. Tas untuk sekolah digunakan oleh siswa laki-laki dan perempuan. Pemilihan tas antara anak laki-laki dan anak perempuan tentunya juga berbeda, mulai dari segi pemilihan desain, warna, dan tingkat kekuatan. Berikut adalah tips yang bisa kamu lakukan untuk memilih tas sekolah anak laki-laki yang tahan lama dan awet.

1. Kualitas Jahitan

Hal pertama yang harus kamu perhatikan ketika memilih tas sekolah untuk anak laki-laki adalah memperhatikan kualitas jahitan. Kualitas jahitan sangat penting karena tahan lama sebuah kertas ditentukan dari kualitas jahitannya. Selalu beban yang dibawa oleh anak sekolah terkadang cukup berat karena harus membawa buku pelajaran dan perlengkapan sekolah lainnya, seperti baju olahraga dan bekal. Maka dari itu kamu harus benar-benar teliti mengamati kualitas jahitan tas yang akan kamu pilih. Bila perlu pilihlah tas yang menggunakan jahitan dobel.

2. Bahan

Kedua, bahan. Bahan sangat penting untuk menentukan daya tahan sebuah tas. Umumnya bahan tas yang bagus dan tahan lama adalah kanvas. Ketika akan memilih tas pastikan bahan yang digunakan tebal dan memiliki lapisan bagian dalam agar tas kuat dan tidak mudah robek, karena biasanya anak sekolah sering membawa penggaris besi yang berpotensi merobek tas jika bahan tas tidak tebal.

3. Desain

Desain juga merupakan hal yang harus diperhatikan ketika akan memilih tas. Perhatikan desain tas antara anak laki-laki dan perempuan. Selain itu, pastikan juga kamu memilih tas dengan desain yang tidak akan menghambat pertumbuhan anak. Anak sekolah masih berada di dalam masa pertumbuhan sehingga kesalahan dalam memilih desain tas bisa menghambat pertumbuhan anak.

4. Kualitas Tali

Kualitas tali juga tidak luput dari hal yang harus diperhatikan ketika akan memilih tas. Kualitas tali yang baik adalah yang tebal dan kokoh sehingga tidak mudah putus. Kamu bisa melihat secara sekilas bahan untuk tali tas. Selain itu, pastikan tali tas mengait sempurna dengan bagian badan tas.

Cara Membersihkan Tas Sekolah yang Baik

Tas untuk sekolah harus dibersihkan secara rutin agar anak tetap nyaman menggunakannya. Selain itu, tas yang bersih juga akan membuat anak semakin bersemangat untuk belajar. Tas yang bersih juga akan membuat anak terhindar dari kuman dan bakteri yang menempel di tas. Lazimnya mencuci tas yang baik dan disarankan adalah dua minggu sekali dan maksimal satu bulan sekali. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan tas sekolah. Pertama, ketahui jenis bahan yang digunakan untuk tas. Kedua, jangan merendam tas sekolah karena bisa membuat warna menjadi lebih cepat pudar. Ketiga, gunakan deterjen yang lembut. Deterjen yang lembut akan menjaga serat tas agar tidak mudah aus dan seratnya keluar. Kamu juga bisa memilih deterjen berdasarkan dengan jenis atau bahan untuk tas.

Cara membersihkan tas yang selanjutnya adalah tidak menggosok tas terlalu keras agar serat kain tas tidak rusak. Selain itu, menggosok terlalu keras juga akan membuat warna tas menjadi lebih cepat pudar. Untuk bagian dalam tas gunakan sikat yang lebih halus karena lapisan bagian dalam tas biasanya memiliki bahan yang berbeda dengan bagian luar tas. Setelah selesai mencuci tas, jemurlah tas dan jangan menjemurnya di bawah sinar matahari secara langsung. Kamu hanya perlu menjemurnya di tempat yang terbuka agar mendapatkan udara selama proses pengeringan. Ketika mencuci tas sebaiknya jangan menggunakan mesin cuci karena hal itu bisa merusak tas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *