Rekomendasi Obat Batuk Anak Paling Bagus 

Saat anak terserang batuk, sebagai orang tua tentu ingin segera mengobatinya dengan cara terbaik. Batuk selain bisa diobati secara tradisional menggunakan bahan alami bisa juga dengan obat batuk yang aman untuk anak. Namun saat membelinya, jangan asal pilih namun sesuaikan dengan jenis batuk yang diderita si kecil.  Apakah termasuk batuk yang disertai demam, batuk pilek, batuk kering atau batuk berdahak. Supaya tidak bingung karena banyaknya pilihan obat batuk anak yang dijual di pasaran, berikut ada rekomendasi obat batuk anak paling bagus yang bisa dengan mudah dibeli di apotek. Tetapi perlu diingat, dalam pemberiannya sesuaikan dengan berat badan dan usia buah hati kamu. 

1. Vicks Formula 44 Anak untuk Mengurangi Reaksi Batuk 

Obat batuk ini mengandung dextromethorphan HBr yang bermanfaat mengurangi reaksi batuk dengan cara menekan pusat batuk di otak. Cocok untuk meredakan batuk akibat masuk angin, radang tenggorokan dan infeksi saluran napas. Bisa juga diminum untuk batuk berdahak yang disertai alergi. Tersedia dalam rasa stroberi yang pasti disukai anak-anak. 

2. Hufagripp Batuk Pilek 

Obat batuk ini diformulasikan membantu meredakan gejala flu, contohnya bersin-bersin, hidung mampet yang disertai batuk kering. Pada setiap 5ml dari Hufagripp batuk pilek mengandung: 

  • Pseudoephedrin yang bermanfaat mengurangi pembengkakan pembuluh darah. 
  • CTM untuk alergi. 
  • Dextromethorphan HBr untuk menekan batuk. 

Tersedia dalam bentuk sirup dengan rasa tuti frutti. 

3. Anakonidin Sirup untuk Batuk yang Disertai Sakit Kepala 

Obat ini selain untuk meredakan batuk, cocok juga untuk membantu meringankan sakit kepala, bersin-bersin dan hidung tersumbat. Anakonidin sirup juga tidak mengandung alkohol.  

4. Actifed Plus Expectorant untuk Batuk Berdahak 

Selain cocok untuk anak usia 2 tahun ke atas, juga bisa untuk orang dewasa. Cocok untuk meringankan pilek dan mengurangi lendir pada batuk berdahak. Dengan cara kerja expectorant yaitu meningkatkan volume air pada tenggorokan sehingga lendir menjadi encer dan lebih mudah dikeluarkan. Namun obat ini bisa menyebabkan kantuk karena mengandung senyawa dari pyrolidine.  

5. Bisolvon Kids 

Pilihan lain untuk mengatasi batuk berdahak adalah Bisolvon Kids. Dengan kandungan bromhexine HCL yang berguna mengencerkan dahak sehingga mudah dikeluarkan dan membantu memperbaiki pernapasan anak. Obat ini aman untuk anak berusia 2 tahun ke atas. 

6. Termorex Plus 

Selain untuk meredakan batuk Termorex Plus juga bermanfaat untuk membantu mengatasi gejala flu lainnya, contohnya sakit kepala dan demam. Bebas alkohol dan mengandung paracetamol. Hadir dengan rasa jeruk manis yang tidak akan ditolak anak-anak.  

7. OB Herbal Junior 

Nah, bila kamu lebih suka obat batuk dengan kandungan alami OB Herbal Junior bisa menjadi pilihan. Cocok untuk mengatasi batuk yang disebabkan masuk angin. Dengan kandungan madu dan meniran yang bermanfaat untuk menghangatkan serta melegakan tenggorokan si kecil. Aman dikonsumsi untuk anak usia 6-12 tahun.  

8. Madu Syifa Kids Fluba 

Obat batuk ini juga merupakan obat batuk herbal dengan kandungan madu dan bahan alami lainnya yang aman untuk mengatasi batuk yang disertai flu. Dilengkapi juga dengan vitamin dan mineral untuk mempercepat proses penyembuhan. 

9. Laserin Madu 

Obat batuk herbal ini bisa dipilih karena selain meredakan batuk juga bisa melegakan pernapasan dan menyembuhkan gejala masuk angin lainnya seperti mual, kembung dan muntah.  

Pastikan hanya memilih obat batuk yang sesuai kondisi dan jenis batuk anak, ya. Semoga lekas sembuh. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *