Manfaat dari Menggunakan Pompa Asi 

ASI memiliki segudang nutrisi yang sangat dibutuhkan bayi dalam mendukung tumbuh kembangnya. Oleh karena itu, kamu para Ibu sangat disarankan untuk memberikan ASI eksklusif selama enam bulan agar buah hati dapat tumbuh optimal dan kelak menjadi anak yang cerdas dan sehat. Setiap ibu tentu memiliki jumlah kandungan ASI yang berbeda-beda. Ada yang memiliki jumlah ASI banyak dan ada juga yang sedikit. Hal ini biasanya dipengaruhi oleh hormon, makanan, dan faktor lainnya. Banyak atau sedikitnya jumlah ASI, tentunya sangat dibutuhkan oleh seorang bayi. Oleh karena itu, kamu harus bersiap kapan pun saat bayi membutuhkannya. Namun, ada berbagai kondisi dimana tidak semua ibu bisa memberikan ASI secara langsung kepada si kecil. Mungkin bayi lahir prematur maupun kamu yang bekerja. Sayangnya, masih banyak Ibu yang pasrah ketika tidak dapat menyusui bayi secara langsung dan memilih untuk memberikan susu formula pada sang bayi. Tidak dapat memberikan ASI secara langsung kepada si kecil bukanlah alasan kamu untuk beralih pada susu formula. Nah, salah satu cara yang bisa kamu lakukan agar si kecil tetap terpenuhi asupan ASInya adalah dengan memberikan si kecil ASIP (Air Susu Ibu Perah) dengan menggunakan pompa ASI. Tahukah kamu bahwa memerah ASI atau juga dikenal dengan pumping memiliki banyak manfaat? Yuk, simak ulasan berikut! 

1. Lebih tenang 

Salah satu manfaat yang bisa kamu rasakan jika rutin memompa ASI adalah menjadi lebih tenang. Ya, dengan menyediakan pasokan ASI dalam jumlah yang cukup banyak, bahkan sebelum bayi membutuhkannya akan membuat kamu menjadi lebih tenang. Karena kamu dapat memastikan bahwa bayi tidak akan kelaparan selama beberapa waktu ke depan. 

2. Waktu Menyusui Lebih Teratur 

Bagi kamu yang harus bekerja dan meninggalkan bayi di rumah, dengan memompa ASI kamu dapat kembali bekerja meskipun bayi masih menjalani ASI eksklusif tanpa takut waktu menyusui bayi terganggu. Dengan menyediakan pasokan ASI di rumah, bayi dapat menyusu teratur karena ketersedian pasokan ASI yang telah kamu simpan di freezer. 

3. Menjadi Lebih Santai  

Dengan menyediakan stok ASI di rumah, kamu tidak harus menjadi satu-satunya orang yang bertanggung jawab untuk memberi makan bayi. Sehingga kamu dapat melakukan kegiatan apapun menjadi lebih santai. Karena kamu dapat mengandalkan bantuan pasangan atau pengasuh untuk membantu memberikan ASI pada bayi. Tapi kamu sebagai ibu, tetap harus memastikan ASI mu terminum dengan baik ya oleh si kecil. 

4. Berbagi dengan Sesama 

Salah satu manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dengan rutin memompa ASI adalah bisa berbagi dengan sesama. Tidak semua ibu memiliki ASI yang lancar, bahkan tidak jarang mereka harus memberi bayi mereka dengan susu formula. Nah, bagi kamu yang memiliki ASI ekstra, dengan rutin memompa ASI, bisa mendonorkan ASI kamu pada ibu yang yang tidak bisa menyusui bayinya. ASI donor tentu lebih baik daripada susu formula untuk bayi di bawah usia 6 bulan. 

5. Mengurangi Bengkak Pada Payudara  

Rutin memompa ASI dengan pompa ASI juga dapat mengurangi bengkak pada payudara kamu, lho. Memompa juga dapat mencegah mastitis akibat penumpukan cairan ASI yang terlalu banyak. Dengan memompa ASI, kamu akan merasa lebih nyaman dan jumlah ASI yang diproduksi juga dapat lebih meningkat. Meningkatnya produksi ASI juga dapat membantu proses relaktasi atau proses menyusui kembali yang dilakukan setelah beberapa hari, beberapa minggu, bahkan beberapa tahun setelah berhenti. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *