Apa Saja Kado Anak Usia 1 Tahun? Simak 3 Rekomendasi Terbaiknya

Memberikan kado pertama saat usia anak menginjak 1 tahun, maka momentum ini sangat sayang untuk dilewatkan. Fase yang merupakan bagian penting dalam perkembangan otak ini bisa kamu gunakan untuk mengasah kecerdasan serta kemampuan si kecil. Oleh sebab itu, penting memilih permainan yang bisa menstimulus perkembangannya. Karena tidak hanya cukup bermain saja, anak-anak juga perlu mendapatkan pelajaran dari setiap permainan yang dimilikinya. Jika kamu kebingungan memilih permainan apa yang tepat untuk anak usia 1 tahun, berikut ini rekomendasinya.

1. Mainan dengan Roda dan Mainan Goyang

Untuk mengasah kemampuan anak dalam keseimbangan serta koordinasi, kamu bisa memilih mainan yang memiliki roda atau mainan yang dapat bergoyang. Contoh mainan goyang dengan bentuk kuda yang rendah dimana dapat mengurangi kemungkinan cedera ketika anak kehilangan keseimbangannya atau terpeleset saat naik dan turun. Tujuan dari mainan tersebut adalah untuk mengajarkan keseimbagan dan kekuatan saat mereka menggoyangkan mainan kedepan dan kebelakang. Selain itu terdapat pula efek yang menenangkan, sehingga memberikan stimulant pada otak.

Selain itu kamu juga bisa membelikan mainan dengan roda, contohnya baby walker. Mainan ini dapat melatih otot gerak dan koordinasi anak saat menghadapi fase berjalan. Saat ini telah banyak baby walker yang dilengkapi dengan music dan juga permainan. Pada awalnya, anak akan tetap diam di atas baby walker, namun hal ini akan menciptakan rasa penasarannya untuk menggerakkan mainan tersebut.

2. Alat Menggambar dan Bermain Peran

Meskipun mainan ini baru bisa digunakan setelah menginjak usia 2 tahun keatas, namun tidak ada salahnya untuk memberikan kado berupa alat gambar, boneka atau robot. Karena di tahun depan, si kecil akan memiliki kemampuan bahasa untuk dapat mengikuti instruksi. Dengan menuangkan ekspresinya dalam media seni, anak akan dapat pembelajaran baru sembari mengembangkan kemampuan otak kanan. Pilihlah material yang mudah dibersihkan dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Tentunya anak-anak harus dalam pengawasan ketika melakukan aktivitas menggambar tersebut.

Saat anak diajarkan menggambar, mereka juga sedang mengasah kemampuan motorik yakni memperkuat koordinasi serta genggaman ketika menggoreskan kuas. Namun, mengasah kreativitas tidak hanya dengan menggambar saja. Kamu juga bisa mengasah kemampuan imajinasinya dengan beberapa permainan peran seperti boneka, mainan bentuk makanan dan mobil-mobilan. Semua permainan tersebut dapat dimainkan anak sesuai dengan imajinasi masing-masing.

3. Alat Musik Sederhana

Saat ini banyak alat musik yang sudah dipublikasi dalam bentuk mainan anak, sehingga kamu bisa menjadikannya pilihan kado untuk si kecil. Contohnya piano atau belira dimana dapat dimainkan untuk anak usia 1 tahun. Dengan memberikannya mainan yang memiliki suara, kamu telah mengajarkan nada serta membantu perkembangan otak kanan sejak dini,

Ketika kamu memperkenalkan musik pada anak, maka hal ini dapat menstimulasi area penting di bagian otak. Contohnya kemampuan sosial, perkembangan bahasa, dan perkembangan motorik kasar. Mereka akan aktif dalam bermain dan mengenal berbagai macam suara yang bersumber dari nada-nada. Mainan ini salah satu pilihan yang menarik bukan?

Ulasan mengenai rekomendasi kado untuk anak usia 1 tahun tersebut semoga bermanfaat untuk kamu. Tentunya dalam memilih permainan untuk anak, kamu harus selektif dan jangan memilih mainan jika tidak memberikan pengajaran apapun. Pastinya kamu ingin anak mengasah kemampuannya ketika bermain bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *